LATIHAN SOAL UTS AGAMA KATOLIK KLS X, XI SMA 2014

KELAS X

Pilihlah salah satu jawaban yang paling tepat. Dengan memberi tanda silang ( X) pada huruf A,B,C,D, atau E  pada lembar jawaban  yang tersedia!



1.       Manusia adalah ciptaan Tuhan yang unik dan istimewa , karena ….
A.         manusia pribadi yang unggul
B.         manusia pribadi terhebat dibanding ciptaan lainnya
C.         waktu menciptakan Allah merencanakan menurut gambar dan citra-Nya.
D.         Manusia memiliki karakter atau sifat yang lebih mulia dibanding lainnya.
E.         Manusia dapat menciptakan manusia baru atau binatang baru dengan cara cloning.

2.       Berfirmanlah Allah :”Baiklah kita menjadikan manusia menurut gambar dan rupa kita …”. Firman tersebut terdapat dalam Kitab ….
A.         Kejadian 1:23
B.         Kejadian 1:24
C.         Kejadian 1:25
D.         Kejadian 1:26
E.         Kejadian 1:27

3.       Makna Allah menciptakan manusia serupa dan segambar dengan Allah agar manusia ….
A.         dapat seperti Allah
B.         dapat berkomunikasi dengan-Nya
C.         dapat bergaul dengan sesamanya
D.         dapat membangun kerjasama yang baik
E.         dapat menjadi rekan sekerja Allah membangun dunia

4.       Keunikan setiap pribadi manusia selalu dibentuk oleh dua hal yaitu ....
A.      Sikap dan karakter pribadi
B.      Jasmani dan rohani
C.      Sikap dan perbuatan
D.      Sikap dan kesopanan
E.       Perbuatan baik dan jahat

5.       Salah satu contoh mengembangkan talenta yang dimiliki adalah ….
A.         bekerja dan berusaha
B.         belajar demi lulus ujian
C.         memupuk bakat dan potensi
D.         melakukan kegiatan yang positif
E.         belajar, berlatih, berbuat dan tidak lupa bersyukur

6.       Setiap manusia diciptakan dengan kelebihan-kelebihan dan keterbatasan-keterbatasan, terhadap keterbatasan tersebut hendaknya kita bersikap ….
A.         menyalahkan orang tua yang telah melahirkan kita
B.         berusaha mencari akar dari keterbatasan-keterbatan itu.
C.         menutupi keterbatasan-keterbatasan itu dengan cuek saja
D.         menerima keterbatasan-keterbatasan itu sebagai anugerah Tuhan
E.         Menyalahkan Tuhan mengapa memberikan keterbatasan itu kepada kita
7.       Kesadaran moral yang tumbuh dan berkembang dalam hati setiap manusia yang membawa seseorang menyadari diri akan kewajiban dan tangung jawabnya baik sebagai makhluk pribdi, sosial maupun makhluk Tuhan disebut ....
A.      Etika moral
B.      Sopan santun
C.      Suara hati
D.      Sebuah mimpi
E.       Kesadaran moral

8.       Manusia adalah suatu masterpiece dari Tuhan yang Mahakuasa. Hal ini mengandung arti ….
A.         manusia dapat membuat kemajuan jaman, pengalaman dan sejarah.
B.         manusia ciptaan yang unggul dan utama
C.         manusia makhluk berkuasa
D.         manusia sebagai perantara ciptaan yang lain
E.         manusia adalah guru bagi ciptaan lain. 

9.       Setiap pribadi manusia merupakan cerminan atau pancaran dari Allah, hal ini mengandung pengertian ....
A.      Didalam martabat setiap pribadi manusia ada gambaran atau pantulan rupa Allah
B.      Manusia makhluk yang berbeda dengan ciptaan lainnya
C.      Manusia mempunyai keunikan tersendiri
D.      Pancaran yang dimiliki berbeda satu dengan lainnya
E.       Manusia makhluk sangat istimewa

10.    Manusia diciptakan sebagai citra Allah karena manusia diberi keistimewaan-keistimewaan berikut ….
A.         akal budi
B.         hati nurani
C.         kehendak bebas
D.         kemampuan berkuasa
E.         akal budi, kehendak bebas dan menguasai

11.    Mensyukuri karunia Tuhan sebagai ciptaan yang ajaib dan unik hendaknya kita wujudkan dengan ....
A.      Menerima diri sebagaimana adanya
B.      Melihat kelebihan orang sebagai pembanding
C.      Menyesali kekurangan-kekurangan yang dimiliki
D.      Pasrah pada Tuhan karena memang nasib dalam hidup
E.       Bersyukur tapi juga menggerutu kalau doa tidak dikabulkan

12.    Manusia diciptakan Tuhan sebagai puncak dari segala ciptaan, maka dalam Kitab Kejadian 1:31, tertulis:”Maka Allah melihat segala yang dijadikan-Nya ….”.
A.         sungguh mulia
B.         sunguh indah
C.         sungguh bijaksana
D.         sungguh amat baik
E.         segambar dengan-Nya

13.    Perhatikan pernyataan di bawah ini!
1.       mengerti dan menyadari diri sendiri
2.       mengerti dan menyadari apa saja diluar dirinya
3.       dapat mengembangkan dirinya serta membuat riwayat dan sejarah hidup
4.       dapat melakukan suatu tindakan yang bertentangan dengan perbuatan moral.
5.       dapat membangun hubungan yang khas dengan sesama
Yang merupakan kemampuan yang dapat kita lakukan dalam hubungannya dengan akal budi adalah ….
A.         1, 2, 3, 4
B.         1, 2, 3, 5
C.         1, 2, 4, 5
D.         1, 3, 4, 5
E.         1, 3,  dan 5

14.    Tuhan menyerahkan alam lingkungan ini kepada manusia untuk menguasainya. Maksud dari kata mengusainya berarti ….
A.         menggunakan secara bertanggung jawab
B.         menguasai secara sewenang-wenang
C.         menjadi raja atas semua ciptaan
D.         penguasa kedua setelah Tuhan
E.         menggunakan tanpa batas

15.    “ Dilubuk hati nuraninya, manusia menemukan hukum, yang tidak diterimanya dari dirinya sendiri, melainkan harus ditaati”. Pernyataan tersebut merupakan ungkapan dari ….
A.      Gaudium et Spes artikel 15
B.      Gaudium et Spes artikel 16
C.      Gaudium et Spes artikel 17
D.      Gaudium et Spes artikel 18
E.       Gaudium et Spes artikel 19

16.    Merupakan pengertian dari hati nurani adalah ….
A.      penerapan kesadaran moral yang tumbuh dan berkembang dalam situasi konkret
B.      ajakan yang berperan sebelum sesuatu dikerjakan
C.      ajaran yang baik yang timbul dari dalam
D.      kemauan atau dorongan yang baik
E.       bisikan suara hati manusia

17.    Seorang gadis dapat saja melaksanakan abortus, sebab menurut hati nuraninya perbuatan itu tidak salah. Padahal menurut norma objektif perbuatan itu jelas salah. Contoh tersebut merupakan tindakan hati nurani yang ….
A.      benar
B.      keliru
C.      salah
D.      tumpul
E.       mati

18.    Menurut Santo Paulus bahwa dalam diri manusia ada dua hukum yaitu ….
A.      hukum Allah dan hukum dosa
B.      hukum alam dan hukum buatan
C.      hukum norma dan hukum perdata
D.      hukum kasih dan hukum kodrat
E.       hukum pidana dan hukum perdata

19.    Dalam Kitab Kejadian 1:26-27 Tuhan menciptakan pria dan wanita untuk ….
A.         menjaga keutuhan alam semesta
B.         mengawasi setiap makhluk ciptaan yang lain
C.         mempertahankan bangsa manusia dari kepunahan
D.         bersaing untuk mendapatkan kedudukan tinggi di mata Allah.
E.         saling melengkapi, sempurna, melanjutkan keturunan, mencapai keselamatan

20.    Suara hati bekerja dalam setiap kesadaran moral hati kita dan suara hati bekerja sebagai ....
A.      Indeks, fudex dan vindex
B.      Penunjuk arah yang benar
C.      Suara Tuhan yang harus didengar
D.      Pilihan hidup dalam bertindak
E.       Suara yang menggema dalam sanubari


B.      Jawablah pertanyaan  dibawah ini dengan tepat!


1.       Jelaskan arti dan makna suara hati?
2.       Jelaskan bagaimana cara membina suara hati yang baik dan benar!
3.       Jelaskan cara kerja hati nurani dan berikan contohnya masing-masing!
4.       Sebutkan dan jelaskan tiga kemampuan yang dimiliki manusia yang membedakannya dengan makhluk ciptaan lainnya!
5.       Jelaskan maksud Allah menciptakan manusia pada hari keenam!
6.       Apa pesan Kitab Suci (Gal 5:16-25) yang berhubungan dengan suara hati?
7.       Manusia ciptaan Allah yang unik dan istimewa berikan alasannya!
8.       Berikan alasan mengapa hati nurani bisa tumpul!
9.       Jelaskan dampak positif serta negatif dari  penggunaan alat teknologi informasi pada pada era digital saat ini!
10.    Buatlah doa syukur sebagai ungkapan terima kasihmu kepada Tuhan atas talenta yang Dia berikan kepadamu!

KELAS XI

Pilihlah salah satu jawaban yang paling tepat. Dengan memberi tanda silang ( X) pada huruf A,B,C,D, atau E  pada lembar jawaban  yang tersedia!


1.     Cara hidup jemaat perdana adalah contoh hidup yang masih relevan sampai saat ini bagi Gereja yang mengumat. Hal tersebut ditunjukkan dalam kutipan Kitab Suci  ....
A.        Matius 4:32-37   
B.        Markus 4:32-37  
C.        Lukas 4:32-37
D.        Yohanes 4:32-37
E.         Kis 4:32-37

2.     Orang-orang yang ditahbiskan untuk tugas kegembalaan dan menjadi pemimpin dan pemersatu umat adalah ....
A.        Hierarki                 
B.        Biarawan-biarawati  
C.        Kaum awam
D.        Frater
E.         Koster  

3.     Hidup mengumat pada dasarnya merupakan hakikat Gereja itu sendiri, sebab hakikat Gereja adalah ....
A.    Kebersamaan sebagai murid Yesus dalam setiap kehidupan
B.    Persaudaraan cinta kasih seperti yang tercermin dalam hidup jemaat perdana.
C.    Sebagai bagian dari warga masyarakat yang harus terlibat dalam kehidupan
D.    Tempat untuk berkumpul dan memuji nama Tuhan dalam kebaktian
E.    Cerminan murid-murid Yesus di dunia dan di akhirat

4.     Perhatikan ciri model Gereja di bawah ini ....
1.     Menonjol dalam organisasi dan struktur
2.     Persaudaraan antar umat
3.     Kepemimpinan tertahbis
4.     Peranan hati nurani dan tanggung jawab setiap umat
5.     Hukum dan peraturan-peraturan
Gereja yang institusional dan hierarkis piramidal sangat menonjol dalam hal ....
A.      1, 2, 3                      
B.      1, 2, 4                      
C.      1, 2, 5
D.      1, 3, 4
E.       1, 3, 5

5.     Menggembalakan, mengembangkan umat dan mengadakan aneka pelayanan demi kesejahteraan umat merupakan tugas ....
A.    Biarawan-biarawati              
B.    Pamong Wilayah
C.    Hierarki Gereja
D.    Para Martir
E.    Para uskup

6.     Dibawah ini merupakan corak kepemimpinan.
1.     Merupakan panggilan khusus dimana campur tangan Tuhan merupakan unsur dominan.
2.      Melayani demi suatu imbalan dan penghargaan.
3.     Mengabdi dan melayani dalam arti semurni-muninya meskipun mempunai wewenang dari Kristus sendiri.
4.     Kepemimpinan hierarki berasal dari Tuhan maka tidak dapat dihapus oleh manusia.
5.     Tugas yang harus diemban dengan sepenuh hati.
Yang merupakan corak kepemimpinan dalam gereja adalah ....
A.        1, 2, 3
B.        1, 3, 4
C.        1, 2, 4
D.        1, 3, 5
E.         1, 2, 5

7.     Kepemimpinan dalam Gereja Katolik bersifat  ....
A.        Jujur dan baik
B.        Mengatur dan dilayani
C.        Terbuka dan rendah hati
D.        Mengabdi dan melayani
E.         Tanggung jawab dan melayani

8.     Anggota umat Allah yang mengucapkan kaul kekal kemiskinan, ketaatan dan keperawanan disebut....
A.        Biarawan-Biarawati
B.        Hierarki Gereja
C.        Komunitas Doa
D.        Kaum Awam
E.         Putra Altar

9.     Konsili Vatikan II menegaskan bahwa semua anggota umat Allah memiliki martabat yang sama, yang berbeda hanyalah ....

A.    Kedudukannya      
B.    Pelayanannya
C.    Jabatannya             
D.    Tugasnya
E.    Fungsinya

10. Yang merupakan tri tugas Gereja adalah ....
A.    Mewartakan Sabda, menguduskan dan melayani
B.    Mewartakan sabda, memimpin doa, memimpin lagu
C.    Menjadi guru agama, prodiakon, misdinar
D.    Wali babtis, emban babtis, ketua lingkungan
E.    Ketua lingkungan, pengurus wilayah, pengurus paroki

11. Menghadiri rapat dalam dewan suci dan siap sedia untuk hadir baik secara pribadi maupun bersama-sama kapanpun Sri Paus membutuhkan nasehat mereka, merupakan tugas dari ....
A.    Kuria Roma
B.    Imam
C.    Kardinal   
D.    Diakon
E.    Uskup

12. Pembantu khusus uskup dibidang materi adalah ....
A.    Kardinal   
B.    Prodiakon
C.    Imam       
D.    Koster
E.    Diakon

13. Pertemuan para Kardinal Gereja Katolik yang diadakan untuk memilih Paus yang baru adalah ....
A.    Konsili      
B.    Konklaf
C.    Rakernas 
D.    Pertemuan akbar
E.    Sidang

14. Tempat para Kardinal mengadakan pemilihan Paus yang baru adalah ....
A.    Kapel St. Petrus      
B.    Gereja Kristus Raja
C.    Kapel Sistina
D.    Gereja Katedral
E.    Kapel Maria Fatima

15. Kata konklaf digunakan pertama kali oleh ....
A.        Paus Yohanes Paulus II
B.        Paus Yohanes XXIII
C.        Paus Gregorius X 
D.        Paus Pius X
E.         Paus Benediktus XVI

16. Sebuah konklaf dimulai antara ... hari setelah meninggalnya Paus.
A.        10 – 15  
B.        15-30
C.        15 – 20
D.        15 -  35
E.         15 – 25

17. Waktu jeda sebelum dimulainya sebuah konklaf diakhiri dengan Misa ....
A.        Syukur  
B.        Novemdialis
C.        Pembukaan
D.        Yubilium
E.         Pro Eligendo Papa
18. Dasar utama dari Gereja adalah kesatuan iman adalah ditunjukkan dalam ....
A.        Kis 4:3-6
B.        Rm 1:7
C.        1 Ptr 1:2
D.        Rm 4:3-6
E.         Ef 4:3-6

19. Pehatikan peryataan berikut!
1.     Kesatuan iman para angotanya
2.     Kesatuan dalam pelayanan
3.     Kesatuan dalam pimpinannya, yaitu hierarki
4.     Kesatuan dalam jemaat
5.     Kesatuan dalam kebaktian dan kehidupan sakramental
Yang merupakan Gereja yang satu terungkap dalam ....
A.        1, 2, 3    
B.        1, 3, 4
C.        1, 2, 4
D.        1, 2, 5
E.         1, 3, 5

20. Ajaran tradisional Gereja menyebutkan bahwa sifat-sifat Gereja Katolik adalah ....
A.        Katolik dan Apostolik
B.        Gereja yang melayani
C.        Gereja yang rukun dan bersatu
D.        Satu, Kudus, Katolik dan Apostolik
E.         Gereja yang berifat dinamis dan harus diperjuangkan


B.      Jawablah pertanyaan  dibawah ini dengan tepat!


  1. Jelaskan perubahan cara pandang Gereja berkaitan dengan model Gereja sebelum dan sesudah KV.II!
  2. Uraikan hal-hal yang menonjol dari kedua model Gereja tersebut!
  3. Jelaskan yang dimaksud dengan Extra ecllesiam nula salus!
  4. Sebutkan sifat-sifat Gereja Katolik dan jelaskan masing-masing!
  5. Jelaskan sifat dari kesatuan Gereja itu!
  6. Apa yang menonjol dari cara hidup jemaat perdana (Kis 4:32-37)
  7. Jelaskan hierarki dalam Gereja katolik!
  8. Mengapa prodiakon tidak termasuk dalam hierarki Gereja?
  9. Tuliskan doa Aku percaya (credo) /syahadat pendek!
  10. Pembantu uskup yaitu imam, apa bedanya imam diosesan dan imam religius jelaksan!

Komentar

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

LATIHAN SOAL-SOAL AGAMA KATOLIK KELAS X

SOAL-SOAL LATIHAN UTS KELAS XII SEM GASAL TAHUN 2013

SOAL-SOAL LATIHAN UTS KELAS XI SEM GASAL 2013