LATIHAN SOAL UTS AGAMA KATOLIK KLS X, XI SMA 2014
KELAS X
Pilihlah salah satu jawaban yang paling tepat. Dengan memberi tanda silang ( X) pada huruf A,B,C,D, atau E pada lembar jawaban yang tersedia!
B.
Jawablah pertanyaan dibawah ini dengan tepat!
Pilihlah salah satu jawaban yang paling tepat. Dengan memberi tanda silang ( X) pada huruf A,B,C,D, atau E pada lembar jawaban yang tersedia!
B.
Jawablah pertanyaan dibawah ini dengan tepat!
Pilihlah salah satu jawaban yang paling tepat. Dengan memberi tanda silang ( X) pada huruf A,B,C,D, atau E pada lembar jawaban yang tersedia!
1. Manusia adalah ciptaan Tuhan yang unik dan
istimewa , karena ….
A.
manusia
pribadi yang unggul
B.
manusia
pribadi terhebat dibanding ciptaan lainnya
C.
waktu
menciptakan Allah merencanakan menurut gambar dan citra-Nya.
D.
Manusia
memiliki karakter atau sifat yang lebih mulia dibanding lainnya.
E.
Manusia
dapat menciptakan manusia baru atau binatang baru dengan cara cloning.
2. Berfirmanlah Allah :”Baiklah kita
menjadikan manusia menurut gambar dan rupa kita …”. Firman tersebut terdapat
dalam Kitab ….
A.
Kejadian
1:23
B.
Kejadian
1:24
C.
Kejadian
1:25
D.
Kejadian
1:26
E.
Kejadian
1:27
3. Makna Allah menciptakan manusia serupa dan
segambar dengan Allah agar manusia ….
A.
dapat
seperti Allah
B.
dapat
berkomunikasi dengan-Nya
C.
dapat
bergaul dengan sesamanya
D.
dapat
membangun kerjasama yang baik
E.
dapat
menjadi rekan sekerja Allah membangun dunia
4. Keunikan setiap pribadi manusia
selalu dibentuk oleh dua hal yaitu ....
A. Sikap dan karakter pribadi
B. Jasmani dan rohani
C. Sikap dan perbuatan
D. Sikap dan kesopanan
E. Perbuatan baik dan jahat
5. Salah satu contoh mengembangkan talenta
yang dimiliki adalah ….
A.
bekerja
dan berusaha
B.
belajar
demi lulus ujian
C.
memupuk
bakat dan potensi
D.
melakukan
kegiatan yang positif
E.
belajar,
berlatih, berbuat dan tidak lupa bersyukur
6. Setiap manusia diciptakan dengan
kelebihan-kelebihan dan keterbatasan-keterbatasan, terhadap keterbatasan
tersebut hendaknya kita bersikap ….
A.
menyalahkan
orang tua yang telah melahirkan kita
B.
berusaha
mencari akar dari keterbatasan-keterbatan itu.
C.
menutupi
keterbatasan-keterbatasan itu dengan cuek saja
D.
menerima
keterbatasan-keterbatasan itu sebagai anugerah Tuhan
E.
Menyalahkan
Tuhan mengapa memberikan keterbatasan itu kepada kita
7. Kesadaran moral yang tumbuh dan
berkembang dalam hati setiap manusia yang membawa seseorang menyadari diri akan
kewajiban dan tangung jawabnya baik sebagai makhluk pribdi, sosial maupun
makhluk Tuhan disebut ....
A. Etika moral
B. Sopan santun
C. Suara hati
D. Sebuah mimpi
E. Kesadaran moral
8. Manusia adalah suatu masterpiece dari Tuhan
yang Mahakuasa. Hal ini mengandung arti ….
A.
manusia
dapat membuat kemajuan jaman, pengalaman dan sejarah.
B.
manusia
ciptaan yang unggul dan utama
C.
manusia
makhluk berkuasa
D.
manusia
sebagai perantara ciptaan yang lain
E.
manusia
adalah guru bagi ciptaan lain.
9. Setiap pribadi manusia merupakan
cerminan atau pancaran dari Allah, hal ini mengandung pengertian ....
A. Didalam martabat setiap pribadi
manusia ada gambaran atau pantulan rupa Allah
B. Manusia makhluk yang berbeda
dengan ciptaan lainnya
C. Manusia mempunyai keunikan
tersendiri
D. Pancaran yang dimiliki berbeda
satu dengan lainnya
E. Manusia makhluk sangat istimewa
10. Manusia diciptakan sebagai citra Allah
karena manusia diberi keistimewaan-keistimewaan berikut ….
A.
akal
budi
B.
hati
nurani
C.
kehendak
bebas
D.
kemampuan
berkuasa
E.
akal
budi, kehendak bebas dan menguasai
11. Mensyukuri karunia Tuhan sebagai
ciptaan yang ajaib dan unik hendaknya kita wujudkan dengan ....
A. Menerima diri sebagaimana adanya
B. Melihat kelebihan orang sebagai
pembanding
C. Menyesali kekurangan-kekurangan
yang dimiliki
D. Pasrah pada Tuhan karena memang
nasib dalam hidup
E. Bersyukur tapi juga menggerutu
kalau doa tidak dikabulkan
12. Manusia diciptakan Tuhan sebagai puncak
dari segala ciptaan, maka dalam Kitab Kejadian 1:31, tertulis:”Maka Allah
melihat segala yang dijadikan-Nya ….”.
A.
sungguh
mulia
B.
sunguh indah
C.
sungguh
bijaksana
D.
sungguh
amat baik
E.
segambar
dengan-Nya
13. Perhatikan pernyataan di bawah ini!
1. mengerti dan menyadari diri sendiri
2. mengerti dan menyadari apa saja diluar
dirinya
3. dapat mengembangkan dirinya serta membuat
riwayat dan sejarah hidup
4. dapat melakukan suatu tindakan yang bertentangan dengan perbuatan moral.
5. dapat membangun hubungan yang khas dengan
sesama
Yang merupakan
kemampuan yang dapat kita lakukan dalam hubungannya dengan akal budi adalah ….
A.
1, 2,
3, 4
B.
1, 2,
3, 5
C.
1, 2,
4, 5
D.
1, 3,
4, 5
E.
1,
3, dan 5
14. Tuhan menyerahkan alam lingkungan ini
kepada manusia untuk menguasainya. Maksud dari kata mengusainya berarti ….
A.
menggunakan
secara bertanggung jawab
B.
menguasai
secara sewenang-wenang
C.
menjadi
raja atas semua ciptaan
D.
penguasa
kedua setelah Tuhan
E.
menggunakan
tanpa batas
15. “ Dilubuk hati nuraninya, manusia menemukan
hukum, yang tidak diterimanya dari dirinya sendiri, melainkan harus ditaati”.
Pernyataan tersebut merupakan ungkapan dari ….
A. Gaudium et Spes artikel 15
B. Gaudium et Spes artikel 16
C. Gaudium et Spes artikel 17
D. Gaudium et Spes artikel 18
E. Gaudium et Spes artikel 19
16. Merupakan pengertian dari hati nurani
adalah ….
A. penerapan kesadaran moral yang tumbuh dan
berkembang dalam situasi konkret
B. ajakan yang berperan sebelum sesuatu
dikerjakan
C. ajaran yang baik yang timbul dari dalam
D. kemauan atau dorongan yang baik
E. bisikan suara hati manusia
17. Seorang gadis dapat saja melaksanakan
abortus, sebab menurut hati nuraninya perbuatan itu tidak salah. Padahal
menurut norma objektif perbuatan itu jelas salah. Contoh tersebut merupakan
tindakan hati nurani yang ….
A. benar
B. keliru
C. salah
D. tumpul
E. mati
18. Menurut Santo Paulus bahwa dalam diri manusia
ada dua hukum yaitu ….
A. hukum Allah dan hukum dosa
B. hukum alam dan hukum buatan
C. hukum norma dan hukum perdata
D. hukum kasih dan hukum kodrat
E. hukum pidana dan hukum perdata
19. Dalam Kitab Kejadian 1:26-27 Tuhan
menciptakan pria dan wanita untuk ….
A.
menjaga
keutuhan alam semesta
B.
mengawasi
setiap makhluk ciptaan yang lain
C.
mempertahankan
bangsa manusia dari kepunahan
D.
bersaing
untuk mendapatkan kedudukan tinggi di mata Allah.
E.
saling
melengkapi, sempurna, melanjutkan keturunan, mencapai keselamatan
20. Suara hati bekerja dalam setiap
kesadaran moral hati kita dan suara hati bekerja sebagai ....
A. Indeks, fudex dan vindex
B. Penunjuk arah yang benar
C. Suara Tuhan yang harus didengar
D. Pilihan hidup dalam bertindak
E. Suara yang menggema dalam
sanubari
B.
Jawablah pertanyaan dibawah ini dengan tepat!
1. Jelaskan arti dan makna suara hati?
2. Jelaskan bagaimana cara membina
suara hati yang baik dan benar!
3. Jelaskan cara kerja hati nurani
dan berikan contohnya masing-masing!
4. Sebutkan dan jelaskan tiga kemampuan yang
dimiliki manusia yang membedakannya dengan makhluk ciptaan lainnya!
5. Jelaskan maksud Allah menciptakan manusia
pada hari keenam!
6.
Apa pesan Kitab Suci (Gal 5:16-25) yang
berhubungan dengan suara hati?
7. Manusia ciptaan Allah yang unik dan
istimewa berikan alasannya!
8. Berikan alasan mengapa hati
nurani bisa tumpul!
9.
Jelaskan dampak positif serta negatif
dari penggunaan alat teknologi informasi
pada pada era digital saat ini!
10. Buatlah doa syukur sebagai ungkapan terima
kasihmu kepada Tuhan atas talenta yang Dia berikan kepadamu!
KELAS XI
1. Cara hidup jemaat perdana adalah
contoh hidup yang masih relevan sampai saat ini bagi Gereja yang mengumat. Hal
tersebut ditunjukkan dalam kutipan Kitab Suci
....
A.
Matius 4:32-37
B.
Markus 4:32-37
C.
Lukas 4:32-37
D.
Yohanes 4:32-37
E.
Kis 4:32-37
2. Orang-orang yang ditahbiskan
untuk tugas kegembalaan dan menjadi pemimpin dan pemersatu umat adalah ....
A.
Hierarki
B.
Biarawan-biarawati
C.
Kaum awam
D.
Frater
E.
Koster
3. Hidup mengumat pada dasarnya
merupakan hakikat Gereja itu sendiri, sebab hakikat Gereja adalah ....
A. Kebersamaan sebagai murid Yesus
dalam setiap kehidupan
B. Persaudaraan cinta kasih seperti
yang tercermin dalam hidup jemaat perdana.
C. Sebagai bagian dari warga
masyarakat yang harus terlibat dalam kehidupan
D. Tempat untuk berkumpul dan memuji
nama Tuhan dalam kebaktian
E. Cerminan murid-murid Yesus di
dunia dan di akhirat
4. Perhatikan ciri model Gereja di
bawah ini ....
1. Menonjol dalam organisasi dan
struktur
2. Persaudaraan antar umat
3. Kepemimpinan tertahbis
4. Peranan hati nurani dan tanggung
jawab setiap umat
5. Hukum dan peraturan-peraturan
Gereja yang institusional dan
hierarkis piramidal sangat menonjol dalam hal ....
A. 1, 2, 3
B. 1, 2, 4
C. 1, 2, 5
D. 1, 3, 4
E. 1, 3, 5
5. Menggembalakan, mengembangkan
umat dan mengadakan aneka pelayanan demi kesejahteraan umat merupakan tugas
....
A. Biarawan-biarawati
B. Pamong Wilayah
C. Hierarki Gereja
D. Para Martir
E. Para uskup
6. Dibawah ini merupakan corak
kepemimpinan.
1. Merupakan panggilan khusus dimana
campur tangan Tuhan merupakan unsur dominan.
2. Melayani demi suatu imbalan dan
penghargaan.
3. Mengabdi dan melayani dalam arti
semurni-muninya meskipun mempunai wewenang dari Kristus sendiri.
4. Kepemimpinan hierarki berasal
dari Tuhan maka tidak dapat dihapus oleh manusia.
5. Tugas yang harus diemban dengan
sepenuh hati.
Yang merupakan corak kepemimpinan
dalam gereja adalah ....
A.
1, 2, 3
B.
1, 3, 4
C.
1, 2, 4
D.
1, 3, 5
E.
1, 2, 5
7. Kepemimpinan dalam Gereja Katolik
bersifat ....
A.
Jujur dan baik
B.
Mengatur dan dilayani
C.
Terbuka dan rendah hati
D.
Mengabdi dan melayani
E.
Tanggung jawab dan melayani
8. Anggota umat Allah yang
mengucapkan kaul kekal kemiskinan, ketaatan dan keperawanan disebut....
A.
Biarawan-Biarawati
B.
Hierarki Gereja
C.
Komunitas Doa
D.
Kaum Awam
E.
Putra Altar
9. Konsili Vatikan II menegaskan
bahwa semua anggota umat Allah memiliki martabat yang sama, yang berbeda
hanyalah ....
A. Kedudukannya
B. Pelayanannya
C. Jabatannya
D. Tugasnya
E. Fungsinya
10. Yang merupakan tri tugas Gereja
adalah ....
A. Mewartakan Sabda, menguduskan dan
melayani
B. Mewartakan sabda, memimpin doa,
memimpin lagu
C. Menjadi guru agama, prodiakon,
misdinar
D. Wali babtis, emban babtis, ketua
lingkungan
E. Ketua lingkungan, pengurus
wilayah, pengurus paroki
11. Menghadiri rapat dalam dewan suci
dan siap sedia untuk hadir baik secara pribadi maupun bersama-sama kapanpun Sri
Paus membutuhkan nasehat mereka, merupakan tugas dari ....
A. Kuria Roma
B. Imam
C. Kardinal
D. Diakon
E. Uskup
12. Pembantu khusus uskup dibidang materi adalah ....
A. Kardinal
B. Prodiakon
C. Imam
D. Koster
E. Diakon
13. Pertemuan para Kardinal Gereja
Katolik yang diadakan untuk memilih Paus yang baru adalah ....
A. Konsili
B. Konklaf
C. Rakernas
D. Pertemuan akbar
E. Sidang
14. Tempat para Kardinal mengadakan
pemilihan Paus yang baru adalah ....
A. Kapel St. Petrus
B. Gereja Kristus Raja
C. Kapel Sistina
D. Gereja Katedral
E. Kapel Maria Fatima
15. Kata konklaf digunakan pertama
kali oleh ....
A.
Paus Yohanes Paulus II
B.
Paus Yohanes XXIII
C.
Paus Gregorius X
D.
Paus Pius X
E.
Paus Benediktus XVI
16. Sebuah konklaf dimulai antara ...
hari setelah meninggalnya Paus.
A.
10 – 15
B.
15-30
C.
15 – 20
D.
15 - 35
E.
15 – 25
17. Waktu jeda sebelum dimulainya
sebuah konklaf diakhiri dengan Misa ....
A.
Syukur
B.
Novemdialis
C.
Pembukaan
D.
Yubilium
E.
Pro Eligendo Papa
18. Dasar utama dari Gereja adalah
kesatuan iman adalah ditunjukkan dalam ....
A.
Kis 4:3-6
B.
Rm 1:7
C.
1 Ptr 1:2
D.
Rm 4:3-6
E.
Ef 4:3-6
19. Pehatikan peryataan berikut!
1. Kesatuan iman para angotanya
2. Kesatuan dalam pelayanan
3. Kesatuan dalam pimpinannya, yaitu
hierarki
4. Kesatuan dalam jemaat
5. Kesatuan dalam kebaktian dan
kehidupan sakramental
Yang merupakan Gereja yang satu terungkap dalam ....
A.
1, 2, 3
B.
1, 3, 4
C.
1, 2, 4
D.
1, 2, 5
E.
1, 3, 5
20. Ajaran tradisional Gereja
menyebutkan bahwa sifat-sifat Gereja Katolik adalah ....
A.
Katolik dan Apostolik
B.
Gereja yang melayani
C.
Gereja yang rukun dan bersatu
D.
Satu, Kudus, Katolik dan Apostolik
E.
Gereja yang berifat dinamis dan harus diperjuangkan
B.
Jawablah pertanyaan dibawah ini dengan tepat!
- Jelaskan perubahan cara pandang Gereja berkaitan
dengan model Gereja sebelum dan sesudah KV.II!
- Uraikan hal-hal yang menonjol dari kedua model
Gereja tersebut!
- Jelaskan yang dimaksud dengan Extra ecllesiam
nula salus!
- Sebutkan sifat-sifat Gereja Katolik dan
jelaskan masing-masing!
- Jelaskan sifat dari kesatuan Gereja itu!
- Apa yang menonjol dari cara hidup jemaat perdana
(Kis 4:32-37)
- Jelaskan hierarki dalam Gereja katolik!
- Mengapa prodiakon tidak termasuk dalam
hierarki Gereja?
- Tuliskan doa Aku percaya
(credo) /syahadat pendek!
- Pembantu uskup yaitu imam, apa bedanya imam
diosesan dan imam religius jelaksan!
Nomer 4 jawabannya apa ??
BalasHapusD
Hapussoalnya bagus...trimakasih bisa untuk latihan anak2 kami...salam hormat...
BalasHapus