MATERI UHT 2 KELAS X

B
Bagian Pertama
KITAB SUCI DAN TRADISI
ž  Kitab Suci dan Tradisi merupakan sumber utama untuk mengenal pribadi Yesus Kristus.
ž  Kompetensi Dasar yang ingin dicapai dari pembelajaran ini adalah:
  Siswa mengenal Kitab Suci dan Tradisi sebagai tolok ukur tertinggi dari imannya terhadap Yesus Kristus dan ajaran-Nya.
KITAB SUCI ADALAH BUKU ISTIMEWA?
MEGAPA?
  Karena berisi firman /sabda Allah kpd manusia
  Dalam /melalui KS Allah menjumpai manusia dan berwawancara dengan mereka (DV 21)
  St, Paulus mengatakan KS dapat memberi hikmat dan menuntun orang kepada keselamatan, krn segala tulisan yg diilhamkan Allah bermanfaat 1.untuk mengajar, 2.menyatakan kesalahan, 3.memperbaiki kelakuan dan 4.mendidik orang dlm kebenaran (bdk 2 Tim 3:15-16)
ž  Terjadinya Kitab Suci yang kita miliki sekarang ini melewati proses yang panjang, kurang lebih 10 abad dari kira-kira abad XI SM sampai kurang lebih abad I sesudah masehi. Dari kenyataan ini dpt dikatakan bahwa Kitab Suci merupakan salah satu buku tertua dimuka bumi.
ž  KSPL yang kita miliki sekarang pada mulanya berupa kumpulan-kumpulan cerita-cerita tentang  pengalaman bangsa Israel dalam hubungannya dengan sejarah keselamatan.
ž  Bangsa Israel mengalami Tuhan yang menyertai, melindungi dan menyelamatkan umatNya. Mereka mengalami kasih Allah yang begitu besar .
ž  Pengalaman-pengalaman tentang Allah yang menyelamatkan secara turun temurun diceritakan kepada anak cucu mereka. Akhirnya  cerita-cerita yang ditulis oleh pengarang Kitab Suci atas dasar ilham Roh Kudus itu dikumpulkan dan disusun menjadi sebuah buku utuh seperti yang kita miliki sekarang.
ž  Alkitab adalah buku kesaksian iman bangsa Israel  sekaligus firman Tuhan yang tertulis.
PROSES TERJADINYA KSPL
ž  Perjanjian Lama sesungguhnya mengisahkan pra-sejarah yakni kisah penciptaan sampai dengan Menara Babel (Lih. Kej 1-11) dan sejarah Israel mulai dari Abraham yang hidup sekitar tahun 2000/1800 SM sampai menjelang Yesus Kristus.
ž  Namun sejarah yang ditulis dalam PL lebih merupakan sejarah iman.
ž  Antara tahun 1800 – 1600 SM, zaman Bapa-bapa Bangsa (Abraham, Ishak, Yakub). Periode ini adalah awal sejarah Bangsa Israel yang dimulai dari panggilan Abraham sampai dengan kisah tentang Yakub. (Lih Kej 12-50).
ž  Antara tahun 1600-1225 SM, kisah bangsa Israel mengungsi ke Mesir, perbudakan di Mesir, pembebasan di Mesir sampai dengan perjanjian di Sinai. Kisah ini masih disampaikan secara lisan. Dan dimungkinkan kisah tentang 10 perintah Allah di tulis pada masa ini.
ž  Antara tahun 1225-1030 SM, perebutan tanah Kanaan dan zaman yang diyakini sebagai tanah terjanji di bawah pimpinan Yosua dan kehidupan bangsa Israel di tanah yang baru dibawah para tokoh yang diberi gelar hakim. Hakim-hakim tersebut antara lain: Debora, Simson,dsb.
ž  Antara tahun 1030-930 SM. Periode Raja-raja. Pada periode ini bangsa Israel memasuki tahapbaru dalam kehidupannya. Mereka mulai menganut sistem kerajaan yang diawali dengan Raja Saul, kemudian digantikan Raja Daud dan diteruskan oleh Raja Salomo putra Daud. Pada jaman raja-raja ini KSPL mulai di tulis. Misal: kis. Penciptaan manusia, manusia jatuh dalam dosa dan akibatnya, bapa-bapa bangsa, kisah para Raja, beberapa bagian Mazmur, dan hukum-hukum.
ž  Antara tahun 930-722 S.M. Kerajaan Israel dan Yahuda. Sesudah Salomo wafat, Kerajaan Israel terpecah menjadi 2, yaitu kerajaan Utara (Israel), Kerajaan Selatan (Yuda). Kerajaan utara hanya berlangsung sampai th 722 SM. Pada periode dilanjutkan dengan penulisan kitab-kitab suci Perjanjian Lama yang melengkapi cerita-cerita Kitab Taurat Musa serta beberapa tambahan hukum. Disamping itu muncul pewartaan para nabi dan kisah para nabi seperti Elia, Elisa, Hosea dan Amos. Beberapa pewartaan para nabi mulai ditulis dan kumpulan hukum dan perjanjian mulai diterapkan dan ditulis. Lihat Kitab Ulangan.
ž  Antara tahun 722-587 S.M. Kerajaan Yehuda masih berlangsung sesudah kerajaan Israel jatuh. Kerajaan Yehuda atau Yuda masih tetap berdiri kokoh sampai akhir nya mereka dibuang ke Babilon pada tahun 587 S.M. Pada masa ini beberapa tradisitertulis dengan kisah bapa-bapa bangsa mulai disatukan. Demikian juga pewartaan para nabi mulai di tulis dan sebagian diteruskan dalam bentuk lisan. Pada bagian ini muncul tuisan tentang sejarah Israel, beberapa bagian mazmur dan Amsal.
ž  Antara tahun 586-539 S.M. Zaman pembuangan Babilon. Orang-orang Israel yang berasal dari Kerajaan Yuda hidup di pembuangan Babilon atau Babel selama kurang lebih 50 tahun.
ž  pada masa tersebut, penulisan kitab suci dilanjutkan. Muncul juga tulisan yang kemudian kita kenal dengan Kitab Ratapan, juga kitab Imamat.
ž  Antara tahun 538-200 S.M.: sesudah pembuangan Bangsa Israel diizinkan pulang kembali ke tanah airnya oleh Raja Persia yang mengalahkan Kerajaan Babilon. Pada masa ini kelima Kitab Taurat telah diselesaikan. Juga kitab-kitab sejarah Yosua, hakim-hakim, I-II Samuel,dan raja-raja sudah selesai ditulis. 150 Mazmur dan tulisan Kebijaksanaan.
ž  Dua abad terakhir: pada masa ini ditulislah kitab-kitab seperti: Daniel, Ester, Yudith, I-II Makabe, Sirakh dan kebijaksanaan Salomo.
ž  Kanon Kitab Suci : orang Yahudi menentukan sejumlah Kitab sebagai Kitab Suci disebut Kanon. Kanon= Daftar Kitab-Kitab yang mereka terima sebagai Kitab Suci. Kitab-kitab yang terdapat dalam kanon disebut kitab-kitab Kanonik. Orang Yahudi hanya menerima kitab suci yang aslinya ditulis dalam bahasa Ibrani, sedangkan yang ditulis yang diterima sebanyak 39 kitab. Kitab-kitab yang diakui resmi sebagai kanonik tersebut diakui resmi sebagai Kitab Suci dan dijadikan patokan atau norma imannya.
ž  Kitab-kitab tersebut kemudian diterjemahkan dalam bahasa Yunani dan ditambah dengan beberapa tulisan yang aslinya ditulis dalam bahasa Yunani. Terjemahan ini diberi nama Septuaginta (LXX). Dalam septuaginta terdapat semua Kitab Kanonik orang Yahudi ditambah sejumlah kitab-kitab yang aslinya di tulis dalam bahasa Yunani, yg diterima oleh Gereja Katolik(tetapi ditolak Gereja Protestan) sebagi Kitab Suci.
ž  Kitab-kitab itu adalah: Makabe, Sirakh, kebijaksanaan, Yudith, tobit, barukh, tambahan Kitab Daniel, tambahan Kitab Ester, dan surat Yeremia. Dengan demikian jumlah Kitab Suci yang diakui Gereja Katolik berjumlah 46 kitab. Kitab suci lengkap yang diakui oleh Gereja Katolik itu disebut Deuterokanonika.
Pengelompokan KSPL
Kitab  Pentateukh/ Taurat
Kitab Sejarah
Kitab Kebijaksanaan/
sesembahan & Pujian
Kitab Nabi-Nabi
1.      Kejadian
2.      Keluaran
3.      Imamat
4.      Bilangan
5.      Ulangan
6.  Yosua
7.  Hakim-Hakim
8.  Rut
9.  I  Samuel
10.II Samuel
11.I Raja-Raja
12.II Raja-Raja
13.I Tawarikh
14.II Tawarikh
15.Ezra
16.Nehemia
17.I Makabe
18.II Makabe
19.Tobit
20.Yudit
21.Ester
22.       Ayub
23.       Mazmur
24.       Amsal
25.       Pengkotbah
26.       Madah Agung
27.       Kebijaksanaan
28.       Putra Sirakh
29.      Yesaya
30.      Yeremia
31.      Lagu Ratapan Yeremia
32.      Barukh
33.      Yehezkhiel
34.      Daniel
35.      Hosea
36.      Yoel
37.      Amos
38.      Obaja
39.      Yunus
40.      Mikha
41.      Nahum
42.      Habakuk
43.      Zefanya
44.      Hagai
45.      Zakaria
46.      maleakhi

Komentar

Postingan populer dari blog ini

LATIHAN SOAL-SOAL AGAMA KATOLIK KELAS X

SOAL-SOAL LATIHAN UTS KELAS XII SEM GASAL TAHUN 2013

SOAL-SOAL LATIHAN UTS KELAS XI SEM GASAL 2013